Profil Lulusan Pendidikan Agama Islam

Profil lulusan S1 Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI Uninus adalah:

  1. Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab berlandaskan etika keislaman ahlu sunnah wal-jama’ah an-nahdhiyyah, keilmuan dan profesi.
  2. Peneliti Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terkait pendidikan Agama Islam.
  3. Penulis Pendidikan Agama Islam yang memiliki keahlian dalam mengembangkan konsep pendidikan Agama Islam melalui tulisan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
  4. Enterpreneur Pendidikan/Edupreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu berkompetisi di dunia kerja.
  5. Pengelola Pendidikan, Konsultan Pendidikan, Trainer, atau Pembelajar Pendidikan Agama Islam yang mandiri, unggul, terampil, dan berakhlak mulia.
  6. Pengembang Bahan Ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK), berkepribadin baik, berpengathuan luas dan mutakhir di bidangnya.

Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam

Kompetensi Lulusan Strata Satu (S1) Program Studi Pendidikan Agama Islam disusun dan dikembangkan berdasarkan: Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam melalui analisis SWOT dengan mengacu pada tata nilai Universitas Islam Nusantara, visi misi program studi Pendidikan Agama Islam, dan hasil keputusan rapat Tim Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam. Kompetensi tersebut dikelompokkan ke dalam Kompetensi Umum, Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung dan Kompetensi Lainnya (Additional) yang diuraikan berikut ini.

Aspek Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; dan mampu menunjukkan sikap religious (S-1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-2)
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S-4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-5)
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6)
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-7)
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-8)
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9)
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam
    pembelajran bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (S-10)
  11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai keislaman ahlus sunnah wal jama`ah an-nahdliyah (S-11)
  12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berahlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat (S-12)
  13. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak diskriminatif dalam pendidikan berdasarkan
    pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik dan latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi (S-13)
  14. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas sebagai pendidik (S-14)
  15. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (S-15)

Pengetahuan

  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; (P-1)
  2. Mampu mengimplementasikan teori-teori ilmu pendidikan dalam pembelajaran (P-2)
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (P-3)
  4. Mampu menguasai dasar-dasar teoritis ilmu pendidikan serta, menguasai konten keilmuan pendidikan agama Islam secara luas dan mendalam (P-4)
  5. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan (P-5)
  6. Menguasai landasan teologis, filosofis, yuridis, historis, sosiologis, cultural, psikologis dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam); ((P-6)
  7. Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam); Memilih secara akurat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran PAI; (P-7)
  8. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam); (P-8)
  9. Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan Pendidikan; (P-9)
  10. Menguasai konsep, metode keilmuan, subtansi materi, struktur dan pola pikir keilmuan Al-Quran-Hadits, Akidah-Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam, dan pola pikir keilmuan Ushul Fikih- Fikih sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam); (P-10)
  11. Adaptif terhadap kebutuhan pendidikan pada jenjang sebelumnya; (P-11)
  12. Adaptif terhadap kebutuhan pendidikan pada jenjang lebih tinggi; (P-12)
  13. Adaptif terhadap kebutuhan pendidikan pada pendidikan di masyarakat (lateral); (P-13)
  14. Mampu melaksanakan penelitian sederhana dalam bidang Pendidikan Agama islam berdasasrkan isu-isu aktual dalam Pendidikan; (P-14)

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU-1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur berbasis teknologi, informasi dan komunikasi; (KU-2)
  3. Mampu mengkaji implikasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, yang inovtif, transdisiplanery; (KU-3)
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; (KU-4)
  5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; (KU-5)
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supevise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; (KU-6)
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggng jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; (KU-7)
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan mencegah plagiasi; (KU-8)

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mernacang perangakat pembelajaran dengan baik berdaerkan bidang keahlian Pendidikan Agama Islam; (KK-1)
  2. Mampu mernacang bahan ajar berdasrkan karakterisitk materi yang akan diajarkan; (KK-2)
  3. Memempu menerapkan strategi dan metode pembelajran aktif secara professional; (KK-3)
  4. Mampu merancang media pembelajaran berbasis IT berdasrkan karakterisitk materi Pendidikan Agama Islam; (KK-4)
  5. Mampu menerapkan model pembelajran Problem based learning, pembelajran discavery, dan pembelajaran projeck based learning dengan pendekatan saintifik; (KK-5)
  6. Mampu menyusun system evaluasi pembelajaran yang baik; (KK-6)
  7. Mampu melakukan penelitian pendidikan dalam rangka menganalisis masalah-masalah Pendidikan; (KK-7)
  8. Melakasanakan pengabdian masyarakat berbasis geo-edukatif; (KK-8)