Sarana dan Prasarana yang ada di UPPS adalah milik yayasan dan dikelola Yayasan dengan Kerjasama Universitas dan UPPS serta program studi. Sarana dan prasarana digunakan secara bersama, maupun khusus untuk program studi tertentu. Sarana dan prasarana yang ada sudah mencukupi untuk penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi, yang terdiri dari ruang kelas, ruang Dekanat, Ruang Pimpinan Prodi, Ruang Dosen, Ruang Tendik, Laboratorium, Perpustakaan, sarana ibadah, Laboratorium Microteaching, Lab. Dakwah, WC dan lain sebagainya. Secara khusus Program Studi Perbankan Syariah memiliki Mini Bank dan Ruang Galeri Investasi.
Kecukupan dan Aksesibilitas Sarana Pendidikan
Sarana yang digunakan UPPS dan Program Studi Perbankan Syariah dikelola secara terpadu oleh Direktorat Asset Universitas Islam Nusantara. Sarana tersebut dimasukkan dalam inventaris aset sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Yayasan. Sarana yang telah memiliki nomor investaris dicatat dalam Daftar Inventaris Ruang dan selanjutnya aset tersebut diberi label. Prosedur yang dilakukan adalah pencatatan semua inventaris yang dimiliki oleh Yayasan, dicatat, diberi kode label dan dibuatkan daftar invetaris yang ditandatangani oleh Direktorat Asset sebagai penanggung jawab.
Ketersediaan sarana laboratorium telah mencukupi kebutuhan praktikum dasar dan lanjutan untuk keperluan penelitian dan PkM pada UPPS dan Program Studi Perbankan Syariah. Sarana yang ada juga mendukung kurikulum yang telah ditetapkan oleh Program Studi baik dari segi jumlah maupun spesifikasi. Rasio jumlah sarana laboratorium terhadap jumlah pengguna/mahasiswa telah memenuhi standar. Pengguna juga dapat mengakses dengan mudah sarana yang ada dengan tetap memenuhi prosedur penggunaan yang telah ditetapkan.
Kecukupan dan Aksesibilitas Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sarana Teknologi Informasi dan komunikasi yang digunakan oleh UPPS dan Program Studi Perbankan Syariah meliputi sarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran antara lain dengan memanfaatkan aplikasi LITERA serta aplikasi lain dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi yang dikelola langsung universitas.
Untuk mendukung kemudahan terhadap akses Teknologi Informasi, Universitas Islam Nusantara sudah melengkapi sarana teknologi informasi dan komunikasi dengan memasang hotspot pada beberapa titik, yaitu pada gedung kantor utama, gedung Program Studi, gedung kelas, laboratorium, perpustakaan dan unit-unit yang ada di Universitas.
Ketersediaan jaringan internet juga memudahkan dalam proses pengumpulan data. Dalam hal pendidikan, mahasiswa dapat melakukan penilaian kepuasan terhadap dosen pengampu mata kuliah melalui LITERA. Selain itu, pengumpulan tugas kuliah dapat disampaikan secara online melalui email, whatsapp, google class room maupun aplikasi lain yang mendukung. Sama halnya dengan mahasiswa, dosen juga memperoleh kemudahan dalam input nilai hasil pembelajaran taruna pada portal siakad. Informasi biodata dosen juga dapat di input dengan mudah pada portal DIKTI.
Kecukupan dan Aksebilitas Prasarana
Kecukupan dan aksebilitas prasarana di Universitas Islam Nusantara sudah baik. Dalam hal pemanfaatan prasarana perkuliahan seperti ruang kuliah dan laboratorium yang digunakan oleh Program Studi bisa dilakukan secara lintas fakultas.
Kualitas prasarana perkuliahan yang dimiliki sangat memadai dan telah memenuhi kebutuhan yang diperlukan sarana dan prasarana yang ada sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Prioritas pengadaan sarana dan prasarana pada Universitas Islam Nusantara didasarkan pada tiga hal yaitu adanya kebutuhan kegiatan akademik, jumlah mahasiswa yang membutuhkan dan jumlah dana yang dibutuhkan. Oleh karena itu peningkatan jumlah dana menjadi penting untuk mendukung pengembangan kualitas pendidikan. Kegiatan pemeliharaan dan perawatan prasarana dilakukan secara rutin oleh Direktorat Asset Universitas.