skip to Main Content

Secara rutin, setiap tahun Program Studi Perbankan Syariah mengadakan survei tentang kepuasan mahasiswa terkait layanan dari UPPS maupun program studi. Pada Tahun 2020 survei dilakukan terhadap 50 orang responden mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (sekitar 25% dari jumlah mahasiswa aktif) dari berbagai angkatan. Ketua dan Sekretaris Prodi menyusun item kuisioner dam disebarkan kepada para mahasiwa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan disebarkan lewat Google form. Survei dilakukan untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang fasilitas fisik dan pembelajaran, layanan kemahasiswaan, layanan dosen serta kegiatan kemahasiswaan dalam organisasi kemahasiwaan. Olah data dan analisis dilakukan oleh Prodi dan hasilnya disampaikan kepada pimpinan UPPS, dosen dalam dalam acara pertemuan antara Dosen-Mahasiswa.

Hasil survei yang dilakukan pada semester genap tahun akademik 2020/2021 diperoleh data sebagai berikut: Lebih dari 50% mahasiswa berpendapat bahwa fasilitas pembelajaran sudah baik (berpendapat setuju dan sangat setuju). Fasilitas ini mencakup: sarana belajar, kebersihan ruang kelas, pencahayaan di ruang kelas, informasi di papan pengumuman dan toilet. Untuk fasilitas AC, baru 25% mahasiswa yang berpendapat sudah baik. Pelayanan tendik Fakultas menurut para mahasiswa sudah sangat baik (75% berpendapat setuju dan 15% berpendapat sangat setuju). Mahasiswa juga berpendapat bahwa kinerja dosen sudah sangat baik. Lebih dari 75% mahasiswa berpendapat bahwa dosen menjelaskan sistem penilaian dan rincian nilai mahasiswa, dosen memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan menjelaskan pokok-pokok perkuliahan. Di sisi lain, 75% mahasiswa mengatakan bahwa mahasiswa mudah berkonsultasi dengan dosen maupun pejabat struktural, 65% mahasiswa yang setuju bahwa dosen memulai dan mengakhiri perkuliahan tepat waktu. Dalam hal kegiatan mahasiswa, khususnya kegiatan yang diselenggarakan oleh HMJ Perbankan Syariah, lebih dari 65% mahasiswa berpendapat bahwa kegiatan yang diselenggarakan HMJ Perbankan Syariah memberikan manfaat serta mengasah minat dan bakat mereka. HMJ Perbankan Syariah juga menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa; meningkatkan relasi antar mahasiswa; menyampaikan informasi akademik maupun non akademik. Sebagian besar mahasiswa juga menyatakan bahwa HMJ Perbankan Syariah mengajak mahasiswa dalam menyalurkan aspirasi, bergabung dalam organisasi maupun kegiatan yang positif.

Simpulan Hasil Evaluasi dan Tindak lanjut

Simpulan hasil evaluasi dan tindak lanjut pada kriteria mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah mahasiswa baru pada saat TS meningkat sangat signifikan
  2. Persentase jumlah mahasiswa asing adalah 0%.
  3. UPPS dan Program Studi sudah berupaya secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan animo calon mahasiswa.
  4. Layanan kemahasiswaan sudah tersedia dengan lengkap, mencakup penalaran, minat, bakat, bimbingan karir, kesehatan serta kesejahteraan.
  5. Universitas sudah bekerjasama dengan pihak eksternal untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, dalam upaya meningkatkan layanan kepada mahasiswa.
  6. Dalam memberikan layanan kepada mahasiswa, UPPS sudah memenuhi penjaminan mutu internal.
  7. Berdasarkan survei kepada mahasiswa, layanan manajemen terkait dengan aspek kemahasiswaan sudah baik.

Pemosisian: Seluruh civitas akademika harus saling saling bekerja sama agar standar mahasiswa tercapai dengan baik

Masalah dan Akar masalah:

  1. Kegiatan layanan career center masih belum optimal
  2. Masih minimnya dana mahasiswa untuk berpartispasi pada tingkat nasional maupun Internasional

Rencana perbaikan dan pengembangan kemahasiswaan:

  1. Melaksanakan kerjasama dengan kepala sekolah, kepala desa dan tokoh masyarakat untuk membantu promosi UPPS dan Program Studi Perbankan Syariah
  2. Sosialisasi kegiatan career center melalui web
  3. Memotivasi mahasiswa untuk mencari dana dari luar kampus
Back To Top